Kamis, 07 Maret 2013

Peran Tugas Ibu

Peran Tugas Ibu.Peran ibu dalam hal mendidik serta mengasuh anak-anaknya adalah sebagian dari tugas ibu yang mulia. Dan salah satunya adalah dalam hal memberikan pendidikan aqidah. Dan dalam rangka menjalankan peran ibu dalam hal pendidikan memang tidaklah mudah. Akan tetapi demi tercapainya anak untuk menjadi anak yang sholeh tentunya ibu akan banyak melakukan hal yang baik dalam memberikan pendidikan terutama dalam hal pendidikan agama.

Diantara hal yang dapat mendukung peran seorang ibu adalah dengan berusaha memperbaiki dirinya sendiri.Karena dengan memperbaiki diri sendiri dengan kebaikan dan juga ketakwaan maka hal tersebut akan mendukung keberhasilannya dalam memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anaknya. Faktor lainnya adalah memberikan keteladanan  yang baik dalam sikap dan tingkah laku di depan anak-anak kita termasuk metode pendidikan yang paling baik dan utama. Hal ini disebabkan jiwa manusia itu lebih mudah mengambil teladan dari contoh yang terlihat di hadapannya, dan menjadikannya lebih semangat dalam beramal serta bersegera dalam kebaikan.
Nah yang menjadi masalah kebanyakannya kaum ibu-ibu tidak dengan pengamalan langsung, ibarat kata kebanyakannya orang tua sekarang hanya menyurh saja, tapi dia sendiri tidak melakukannya, nah ini juga akan membuat seorang anak kebingungan. Bagi anak yang keritis dia akan menjawab. Kok saya aja yang di suruh ayah/ibu sendiri kenapa tidak melakukannya. Makanya motto terbaik buat orang tua adalah Al Ilmu bil Amal, la bil li san yang artinya ilmu itu untuk di amalkan, bukan untuk di ucapkan. Mengapa demikian, karena betapa banyak orang yang kita dapatkan di kehidupan kita sehari-hari, yang dalam berucap atau berkata-kata dia sangatlah hebat, namun di dalam pengaplikasiannya, untung-untung jika doa masih mau mengerjakannya, kadang yang parahnya di lupa dengan apa yang sudah di ucapkannya.

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah dengan memberikan metoda pendidikan yang baik dan benar. Diantara hal metoda pendidikan yang baik adalah dengan membiasakan anak-anak sejak dini melaksanakan perintah Allah Ta’ala dan menjauhi larangan-Nya, sebelum mereka mencapai usia dewasa, agarmerekaterbiasadalamketaatan.

Peran ibu dan juga tugas ibu yang berkaitan erat dengan yang telah dikemukakan di atas adalah bahwasannya tugas ibu dan peran seorang ibu ini terlihat jelas pada kedudukannya sebagai pendidik pertama sebagaiman terlantun dalam sebuah syair Al-umm madrastun idza a’ dadtaha a’ dadta syaban thayyibu al-‘araq. Seorang ibu seumpama sebuah sekolah. Jika engkau persiapkan ia dengan baik, engkau telah mempersiapkan sebuah generasi yang unggul. Oleh karena, itu semua wanita, termasuk saya, memang memiliki kewajiban untuk terus menerus belajar agar memiliki bekal cukup untuk mencetak sebuah generasi yang membanggakan, generasai masa depan, pengukir sejarah. Seorang wanita memiliki tugas luar biasa. dengan memberikan bimbingan yang baik bagi anak-anak mereka, berarti seorang ibu telah mengusahakan perbaikan besar bagi masyarakat dan umat Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar